Sabtu, 10 Maret 2012

Mahasiswa teknokrat gelar hasil tekologi informasi dan komunikasi


Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan elemen penting dalam kehidupan masyarakat dewasa ini di berbagai penjuru dunia. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia  saat ini memang begitu besar dan telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan yang memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan,transportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) TIK, mulai dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan kemampuan TIK di berbagai lapisan masyarakat. Sehingga pada akhirnya akan dihasilkan output yang sangat bermanfaat baik bagi manusia sebagai individu itu sendiri maupun bagi semua sektor kehidupan.

Untuk menyebarluaskan informasi dan hasil penemuan dibidang teknologi informasi dan komunikasi kepada semua pihak-pihak terkait, mahasiswa  Perguruan Tinggi Teknokrat menggelar Seminar Information Communication and Technology (ICT) 2012 yang bertemakan Blasting the Technology, Changes the World. Seminar ICT 2012 ini diadakan setiap tahunnya yang merupakan rangkaian kegiatan Teknokrat Festival dengan mengundang lebih dari 700 siswa-siswi dari  SMA/SMK/MA se-provinsi Lampung. Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat Hi. Mahathir Muhammad, S.E., M.M. menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi Teknokrat berkewajiban menyebarluaskan informasi, hasil penemuan dan penelitian mahasiswa sebagai implementasi  pengabdian pada masyarakat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan teknologi informasi dan komunikasi dapat menjangkau semua bentuk data dan informasi terbaru tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, serta  mempercepat dan memperbaiki kualitas kehidupan  peradaban umat manusia.
Seminar ICT 2012 ini diselenggarakan selama 2 kali mulai dari 9 dan 16 Februari 2012  di aula A Perguruan Tinggi Teknokrat dengan menampilkan materi diantaranya Wireless Hacking oleh Dio Phesyfera H (mahasiswa Teknik Informatika), Android disampaikan oleh Ferdi Andrianto dan Andi Yulistio (mahasiswa Teknik Informatika), Robot Seni: juara nasional kontes Robot Indonesia (KRI) 2011 oleh Devita Ruliana dan Dewi Sriatun (mahasiswa Teknik Informatika) serta Keamanan Sepeda Motor Menggunakan  Handphone  dipresentasikan oleh Adi Ahmad Fauzi dan Sahril (mahasiswa Teknik Informatika).
Para pemateri sesi pertama yaitu Andi Yulistio dan menjelaskan tentang program Android. Android adalah sistem operasi berbasis opensource/Linux, yang diterapkan pada smartphone dan tablet PC. Pada kesempatan kali ini mereka menjelaskan sejarah terciptanya Android sampai bisa digunakan dan dinikmati oleh penggunanya seperti smartphone yang sedang buming sekarang ini dan  juga memberikan contoh salah satu program yang telah mereka ciptakan, yakni sebuah program perhitungan jarak. Selanjutnya, Sanriomi Sintaro berikan materi tentang Short Movie yakni cara membuat film pendek dari beberapa rekaman video yang dijadikan satu dengan menggunakan media applikasi windows maker. 
Pada sesi kedua yang diawali oleh pembicara Devita Ruliyana dan Dewi kenalkan hasil karya mereka yaitu ”Robot Seni”.  Robot seni adalah robot yang dapat menari layaknya manusia seiring dengan musik  yang sedang dijalankan. Mereka jelaskan komponen-komponen apa saja yang terdapat dalam sebuah robot. Untuk memberikan motivasi kepada peserta seminar, ditampilkan beberapa video robot seni dan mendemontrasikan Robot hasil karyanya.
Presentasi terakhir, disajikan oleh Adi Ahmad Fauzi dan Sahril tentang Sistem Keamanan Pada Kendaraan Bermotor dengan Menggunakan Handphone. Alat ini berfungsi sebagai alat keamanan yang digunakan pada kendaraan bermotor, cara kerja alat ini adalah dengan menggunakan panggilan handphone yang terdapat pada alat keamanan ini yang tentunya handphone tersebut sudah di design. Tak hanya mempraktekkan bagaimana teknis dan cara kerja alat tersebut, ia juga menyampaikan pengetahuan tentang bagaimana ia dapat membuat alat tersebut.
Kedepannya hasil temuan dan penelitian  para mahasiswa berprestasi ini diharapkan dapat menjadi produk inovatif  yang dapat diproduksi dan dimanfaatkan secara massif. Acarapun ditutup dengan pemberian sertifikat kepada Guru pendamping oleh ketua pelaksana Rian Eka Pratama dan penanggung jawab Seminar Samsugi, S.Kom. yang dilanjutkan foto bersama.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

senang berkunjung ke blog anda, kunjungi blog saya juga
http://www.anakkedua.com/perguruan-tinggi-terbaik-di-lampung-perguruan-tinggi-teknokrat.html

Posting Komentar

  • This is my teacher.
  • BLOGGER LAMPUNG
  • ON B.LAMPUNG.
  • EXIS ON SCHOOL
  • This is my teacher
  • Teknisi on METRO M COMPUTER kota metro.
  • teknisi on metro m computer kota metro.

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi